Rabu, 17 Februari 2016

Red Hot Chili Peppers, Musik-Sejarah-Pengaruh-Perkembangan




Red Hot Chili Peppers, mungkin teman-teman pernah mendengar nama band tersebut. Red Hot Chili Peppers atau sering disingkat The Chili Pepper atau RHCP adalah band yang berasal dari Amerika, lebih tepatnya dari Los Angeles. Band ini berdiri sekitar
tahun 1983 dengan mengusung aliran funk-rock, rap-rock, pop-funk dan alernative-rock. Band yang sering gonta-ganti personil ini sekarang beranggotakan empat personil, yaitu Anthony Kiedis (Vocal), Flea (Bass), Chad Smith (Drum) dan Josh Klinghoffer (Guitar).

Dari kiri: Flea, Anthony Kiedis, Jack Irons, Hillel Slovak
RHCP pada awalnya dibentuk oleh Kiedis, Flea, Hillel Slovak (Guitar), dan Jack Irons (Drum). Slovak dan Irons menganggap band ini tidak akan berhasil mencapai kepopuleran hingga pada saat proses rekaman album pertama (The Red Hot Chili Peppers). Mereka keluar dan digantikan oleh Jack Sherman (Guitar) dan Cliff Martinez (Drum). Setelah mengetahui keberhasilan RHCP pada album pertama, Slovak kembali bergabung pada tahun 1985 di album kedua (Freaky Style). Album kedua terhitung berhasil melihat kepopulerannya yang semakin melejit pada waktu itu. Dua tahun kemudian, mereka mengeluarkan album ketiga yang bertajuk The Upflit Mofo Party Plan. Setelah meraih kepopuleran dan penghasilan yang lumayan, semua personil mulai menggunakan narkoba. Anthony Kiedis yang dari kecil memang sering menggunakan narkoba semakin menggila pada masa itu. Hingga pada tahun 1988 Hillel Slovak meninggal dunia dikarenakan overdosis heroin. 

Dari kiri: Flea, John Frusciante, Anthony Kiedis, Chad Smith
Setelah kematian Hillel Slovak, Anthony Kiedis dan Flea melakukan rehabilitasi agar tidak menggunakan narkoba lagi. RHCP juga sering gonta-ganti personil di posisi guitar dan drum setelah kematian Slovak. Hingga mereka mengadakan audisi untuk posisi  guitarist. John Frusciante, seorang pemuda berumur 18 tahun akhirnya menjadi personil RHCP setelah mengikuti audisi. Audisi juga mereka lakukan untuk posisi drummer hingga akhirnya mereka menggaet pria besar yang bernama Chad Smith.

Anthony Kiedis, Flea, John Frusciante dan Chad Smith dianggap sebagai formasi paling sempurna sepanjang perjalanan karir RHCP. Hadirnya John Frusciante memberikan warna baru dengan menambahkan unsur pop, rock dan juga country ke dalam musik funk yang diusung RHCP. Chad Smith juga dianggap dapat memberikan groove yang baru kepada flea sebagai pemain bass. Pada tahun 1989 mereka meluncurkan album baru yang mereka juluki Mother's Milk. Dua tahun kemudian album ke lima RHCP yang bertajuk Blood Sugar Sex Magik diluncurkan, Blood Sugar Sex Magik adalah album tersukses mereka dibandingkan dengan album-album sebelumnya. Lagu-lagu dari album tersebut merajai top chart di Amerika, Amerika Latin dan juga Eropa. Selain itu, Lagu-lagu dari album tersebut beberpa kali mendapatkan penghargaan lagu "Give it Away" yang menyabet penghargaan Best Rock Perfomance di ajang Grammy Awards, dan juga menyabet Best Art Direction dan Breakthrough Video dalam ajang MTV Video Music Award.

Keberhasilan mengantarkan mereka ke puncak kepopuleran. Uang semakin banyak didapat karena keberhasilan yang mereka raih, hingga John Frusciante tidak dapat menahan untuk terjun ke dalam lembah hitam dunia narkoba. Frusciante semakin kecanduan heroin dan kokain dari hari ke hari. Hal ini mengacaukan penampilan RHCP karena penampilan Frusciante yang semrawut dan tidak karuan dalam bermain gitar di panggung. Pada tahun 1992, tepat saat akan manggung di Jepang, Frusciante mengundurkan diri dan pulang ke Amerika sendirian. Dia sudah tidak bisa lagi bermain di panggung karena keadaannya yang sangat kacau. Hal ini memusingkan semua personil dan crew RHCP karena konser di jepang saat itu batal.

Dari kiri: Anthony Kiedis, Flea, Dave Navarro, Chad Smith
Setelah kepergian Frusciante, RHCP sering bergonta-ganti guitarist untuk menemani mereka manggung. Hingga pada tahun 1994, Dave Navarro menjadi personel tetap. Setelah bergabungnya Navarro, mereka mengeluarkan album keenam yang mereka beri judul One Hot Minute. Album ini dianggap aneh oleh sebagian besar fans RHCP karena unsur funk yang selama ini mereka usung seakan-akan hilang. Dari album ini hanya dua lagu yang dapat disebut sukses, yaitu "My Friends" dan "Aeroplane".

Di sisi lain, Frusciante yang semakin kacau dengan obat-obatan, melakukan rehabilitasi. Setelah sembuhnya Frusciante pada tahun 1997, RHCP menggaetnya kembali pada tahun 1998 dan berakibat dipecatnya Dave Navarro yang dianggap tidak berhasil di band. Setelah kembalinya Frusciante, mereka mengeluarkan album ketujuh yaitu Californication pada tahun 1999. Dari Album tersebut mereka mendapatkan kesuksesan yang luar biasa. Album ini merajai tangga lagu di seluruh dunia dan menyabet banyak penghargaan seperti di ajang Grammy Awards, American Music Awards dan Europe Music Award. Frusciante lagi-lagi dianggap sebgai nyawa baru untuk RHCP yang hampir mati.
Red Hot Chili Peppers Live Woodstock 1999
Proses pembuatan video klip Dani California
Setelah tour di beberapa negara, pada tahun 2002 mereka mengeluarkan album baru yang berjudul By the Way. Melanjutkan kesuksesan dari album sebelumnya, album ini juga menghasilkan lagu-lagu yang dapat merajai tangga lagu dan banyak mendapatkan penghargaan. Tiga tahun berselang, RHCP kembali mengeluarkan album ternyar mereka yang bertajuk Stadium Arcadium. Tidak hanya melanjutkan kesuksesan dari album sebelumnya, album ini dianggap sebagai album terbaik RHCP sepanjang masa dan bisa juga disebut sebagai double album karena berisi 24 lagu dari dua disc, yaitu disc Mars dan Jupiter. Dari album ini, terlahir lagu-lagu yang luar biasa sepert "Tell Me Baby", "Snow" ('Hey Oh'), "Charlie", "Hump de Bump" dan juga satu lagu yang dianggap sebagi masterpiece oleh sebgaian fans, yaitu "Dani California."
Red Hot Chili Peppers Live Slane Castle 2003
Tour album ini dilaksanakan hampir dua tahun di berbagai tempat di seluruh dunia. Setelah tour yang cukup melelahkan, mereka merasa bosan dan sibuk dengan kegiatan pribadi masing-masing. Hingga pada akhirnya pada tahun 2008 mereka menyatakan vakum untuk beberapa saat. Flea, John Frusciante dan Chad Smih menyibukkan diri dengan side project mereka masing-masing, sedangkan Anthony Kiedis sibuk mengurus anak dan keluarganya serta mendalami agama yang dianutnya. Selang setahun setelah pernyataan vakum, Frusciante keluar dari band untuk kedua kalinya. Dia menyatakan keluar di  karena aliran musik yang sudah berbeda melalui website pribadinya. Frusciante menyatakan bosan bermain musik dengan cara yang dilakakukan oleh RHCP, dia pun ingin beralih aliran ke elektronik musik yang sudah ia pelajari bertahun-tahun.

Josh Klinghoffer pada posisi guittarist
Red Hot Chili Peppers tidak mati begitu saja. Setelah vakum selama dua tahun lebih dan ditinggal oleh Frusciante, pada tahun 2011 mereka mengeluarkan album baru I'm With You dengan menggandeng Josh Klinghoffer pada posisi guitarist. Josh Klinghoffer adalah teman John Frusciante dalam berbagai project dan sudah menjadi tour member RHCP sebagai additional player sejak tahun 2007. Album ini menghasilkan single antara lain "Monarchy of Roses", "Look Around" dll. Album ini memang tidak sama suksenya dengan album sebelumnya, tetapi album ini menandai bahwa Red Hot Chili Peppers belum mati.

Pada tahun 2012 Red Hot Chili Peppers mendapat penghargaan Rock 'n Roll Hall of Fame atas dedikasinya terhadap musik selama itu. Pada penghargaan tersebut hadir seluruh anggota dan mantan anggota Red Hot Chili Peppers kecuali Dave Navarro dan John Frusciante. Frusciante tidak hadir karena merasa tidak nyaman jika hadir di acara tersebut. Hal itu disampaikan kepada Chad Smith melalui pesan singkat.

Red Hot Chili Peppers saat menerima penghargaan Rock 'n Roll Hall of Fame

Red Hot Chili Peppers adalah Band yang mempolopori aliran Funk yang dicampur dengan berbagai aliran seperti Rock, Jazz, Pop dll. Band ini juga telah mempengaruhi perkembangan musik dunia selama karir mereka. Walaupun umur para personil sudah mencapai kepala lima, mereka masih sering melakukan konser. Kabarnya pada tahun 2016 ini mereka akan mengeluarkan album baru. Kita tunggu saja!



Berikut beberapa foto personil dan mantan personil Red Hot Chili Peppers:

Anthony Kiedis
Michael 'Flea' Balzary

Chad Smith
Josh Klinghoffer
John Frusciante

Dave Navarro


Hillel Slovak



*Sumber Data: Dari berbagai macam sumber yang pernah dibaca penulis seperti internet, majalah dll yang sudah tersimpan di otak penulis. 
*Sumber Gambar: Dari Google. Penulis tidak mempunyai hak cipta apapun dari gambar di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar